Perkawinan Hukum Adat

Standard

Secara Patrilineal

Perkawinan Jujur Dari Segi Yuridis, perkawinan jujur mengharuskan suami membayar ganti rugi. Apabila belum lunas maka istri dan keturunannya akan / masih ikut dalam keluarga istrinya hingga lunas. Dan barulah istri dan keturunannya berpindah mengikuti garis keturunan suami.

Perkawinan Jujur Dari Segi Sosiologis, corak utama dari perkawinan dalam persekutuan yang susunan kekeluargaannya patrilineal. Yaitu pemberian jujur oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan, ini adalah sebagian lambang diputuskannya hubungan kekeluargaan sang calon istri dengan kedua orangtua dan kerabat lainnya. Dan setelah perkawinan sang istri berpindah dalam garis keturunan keluarga sang suami.

Perkawinan Jujur Dari Segi Ekonomi, perkawinan jujur mengenai pemberian ganti rugi kepada pihak keluarga perempuan. entah itu pemberian ganti rugi berupa barang atau  uang yang jumlahnya tergantung dari permintaan masing-masing pihak keluarga perempuan. Apabila pihak laki-laki tidak mampu membayar ganti rugi secara tunai, maka pihak laki-laki dapat mengangsur hinga tanggungan kepada pihak perempuan selesai.

 

mohon maaf apabila ada salah dalam penulisan, sekedar berbagi 🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s